Mengenal 4 Tipe Kepribadian D-I-S-C

DISC Personality Test dikembangkan oleh Psikolog Amerika—William Moulton Marston, yang mulanya bertujuan untuk melihat dan mengukur perilaku kerja seseorang, yang dikategorikan dalam empat tipe—Dominant (dominan), Influence (mempengaruhi), Steady (stabil), dan Compliance (patuh). Bentuk DISC Personality Test cukup familiar karena merupakan salah satu tes kepribadian yang rutin dipakai dalam berbagai asesmen rekrutmen karyawan dan studi lanjut. Biasanya tiap orang akan diberi label dari 2 aspek yang skornya paling tinggi, yang mana akan membantu asesor dalam memahami kekuatan, kelemahan, motivasi, dan pola kerja seseorang dalam berbagai situasi dan kondisi.

 

D: Dominance
Aspek ‘D’ berkaitan dengan kontrol, kekuasaan, dan ketegasan seseorang. Orang yang memiliki skor ‘D’ yang tinggi cenderung memiliki kemauan yang keras, dan suka memegang kendali di berbagai situasi. Memiliki motivasi kerja yang kuat dan teguh dalam berpendapat, namun bisa jadi keras kepala. Orang ‘D’ cenderung kompetitif dan mengerjakan segala sesuatu dengan caranya sendiri. Orang ‘D’ harus berhati-hati karena sering dianggap egois dan mau menang sendiri ketika bekerja dalam tim.

 

I: Influence
Aspek ‘I’ berkaitan dengan kemampuan bersosialisasi seseorang. Orang ‘I’ biasanya cenderung lentur dan mudah bersosialisasi dengan orang baru, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, dan memandang relasi dengan orang lain sebagai sesuatu yang penting. Orang ‘I’ mampu membawa suasana menyenangkan dalam tim, karena relatif disukai oleh hampir semua orang. Namun, yang harus diwaspadai oleh orang ‘I’ adalah kebiasannya menghindari tanggung jawab ketika harus mengambil keputusan, ia lebih suka “ikut arus” dan takut dikucilkan oleh sekelilingnya.

 

S: Steady
Aspek ‘S’ berkaitan dengan kesabaran dan ketekunan seseorang dalam bekerja. Orang ‘S’ mampu bersikap tenang dan tidak mudah panik dalam berbagai situasi. Orang ‘S’ memiliki daya tahan kerja yang baik dan mampu bekerja dalam tenggat waktu yang lama. Ketika dihadapkan pada rutinitas, orang ‘S’ tidak akan cepat bosan. Namun, orang ‘S’ bukan lah orang yang tanggap ketika menghadapi perubahan situasi, sehingga cenderung lambat dalam beradaptasi.

 

C: Compliance
Aspek ‘C’ berkaitan dengan struktur dan peraturan. Orang ‘C’ merupakan orang yang patuh pada peraturan, prosedural, akurat, dan sistematis. Dalam melakukan segala sesuatu, orang ‘C’ akan selalu berlandaskan pada data dan fakta. Orang ‘C’ memiliki kemampuan problem solving yang baik, karena memiliki daya analitik yang unggul. Orang ‘C’ merupakan orang yang objektif, namun kerap kali mengabaikan perasaan orang lain, sehingga bisa jadi terkesan dingin. Orang ‘C’ juga cenderung idealis dan kaku.

Memahami karakteristik tipe kepribadian DISC akan banyak membantu kita memahami diri dan orang lain, utamanya di lingkungan kerja. Untuk mengetahui tipe dominanmu, silahkan ikuti tesnya melalui link berikut: Tes Kepribadian DISC. (Red/estymarina)

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top