Mengenal Kecocokan Profesi dengan D-I-S-C

DISC Personality Test dikembangkan oleh Psikolog Amerika—William Moulton Marston, yang mulanya bertujuan untuk melihat dan mengukur perilaku kerja seseorang, yang dikategorikan dalam empat tipe—Dominant (dominan), Influence (mempengaruhi), Steady (stabil), dan Compliance (patuh). Dengan memahami karakteristik masing-masing tipe, maka kita juga dapat memilih lingkungan kerja yang cocok untuk kita.

D: Dominance
Aspek ‘D’ mencerminkan bagaimana reaksi seseorang terhadap problem dan tantangan. Orang ‘D’ memiliki kemampuan kepemimpinan yang cenderung baik, sehingga seringkali ditempatkan di posisi pimpinan atau supervisor di lingkungan kerja. Orang ‘D’ merupakan orang yang cukup percaya diri dalam membuat keputusan, maka cocok juga menjalani profesi sebagai dokter atau advokat. Namun, karena sifatnya yang spontan dan suka hal-hal baru, orang ‘D’ akan cenderung tidak betah ditempatkan menjadi bawahan atau posisi-posisi lain yang berkutat dengan data dan rutinitas.

 

I: Influence
Orang ‘I’ memiliki kemampuan komunikasi dan bersosialiasi yang baik. Orang ‘I’ cocok untuk ditempatkan di posisi yang membtuhkan banyak interaksi dengan orang lain seperti sales dan public relation. Orang ‘I’ juga cocok menjalani profesi sebagai penyiar dan presenter karena kepribadiannya yang easy going. Namun, mengingat orang ‘I’ cenderung people pleasing dan ikut arus, mereka kurang cocok ditempatkan di posisi leader dan profesi yang banyak berkutat dengan data serta minim interaksi dengan orang lain.

 

S: Steady
Orang ‘S’ memiliki ketekunan dan daya tahan yang baik dalam bekerja. Orang ‘S’ cocok ditempatkan di posisi sebagai staf administrasi yang berhadapan dengan rutinitas. Bermodalkan daya tahan dan kesabaran yang baik, Orang S juga cocok menjalani profesi sebagai customer service dan konselor. Orang ‘S’ baiknya tidak ditempatkan di posisi lapangan dan profesi yang dinamis, karena mereka cenderung lambat dalam penyesuaian diri.

 

C: Compliance
Orang ‘C’ merupakan orang yang prosedural, cermat, serta memiliki daya analitik yang kuat. Orang ‘C’ cocok ditempatkan di profesi yang banyak melibatkan pengolahan data seperti ilmuwan, ahli komputer, bidang keuangan, hingga Quality Control. Karena daya analitisnya yang bagus dan objektivitasnya yang baik, orang ‘C’ juga cocok menjalankan profesi sebagai hakim maupun notaris. Orang ‘C’ baiknya tidak ditempatkan pada posisi yang mengutamakan relasi dengan orang lain, karena mereka bukan people pleaser dan cenderung keras kepala ketika berbeda pendapat.

Dengan memahami karakteristik dan bidang-bidang kerja yang cocok dengan kepribadian kita, maka kita akan lebih menikmati pekerjaan serta mengusahakan peningkatan karir. Untuk mendapatkan gambaran lebih lengkap terkait tipe kepribadianmu, silahkan klik Tes Personality DISC.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top