Tips Lolos Seleksi Beasiswa LPDP

Perang tanpa strategi dan senjata? Apa akan berakhir dengan kemenangan? Tentu banyak dari kita terkadang berpikir demikian. Iseng mengikuti sesuatu tanpa niat yang tulus dan kuat. Jika diterima ya syukur kalau tidak ya tidak apa-apa. Mungkin hal inilah yang menjadi penyebab lemahnya daya juang putra putri terbaik Indonesia untuk mendambakan kuliah lanjutan. Penerimaan beasiswa atas naungan LPDP salah satu contohnya. Ketika Anda ingin lulus, pastikan setiap detail dan ketentuan dikuasai dengan benar. Banyak sekali tips yang bisa dicari di internet. Prinsipnya jika mau berusaha jalannya pasti selalu ada. Lalu apa tips mudah lolos beasiswa LPDP? Berikut penjelasannya.

  1. Niat Yang Tulus Dan Komitmen
    Ada saatnya anda berkomitmen kepada sesuatu. Mengawali dan menjalankan sesuatu tanpa didasari niat yang tulus dan tekad pada akhirnya akan terasa beban dan akan berujung sia-sia.Ingatlah bahwa selalu ada yang harus kita bayar untuk sampai ke tujuan. Tinggalkan sementara hal-hal yang tidak perlu dan membebani meski hal itu anda sukai, fokus adalah cara terbaik untuk memperoleh sesuatu yang terbaik dari yang baik.
    Penting bagi anda untuk memikirkan hal besar yang dapat anda lakukan di kemudian hari setelah anda mendapatkan beasiswa LPDP dan jadikanlah hal itu sebagai motivasi. Semua memang berawal dari niat, namun niat baik saja tidak cukup. Untuk memperoleh beasiswa LPDP, banyak proses yang harus anda lewati tidak dengan mudah. Siapkanlah diri anda untuk proses yang paling sulit dan jangan berharap pada keberuntungan. Tidak ada orang yang sukses dalam waktu satu malam bukan?
  1. Penuhi Semua Syarat Administratif
    Jika niat dan tekad sudah bulat, hal yang harus anda lakukan adalah memenuhi semua aspek administratif. Tahap awal LPDP adalah seleksi administrasi. Siapkanlah jangka waktu untuk membereskan semua dokumen yang diminta dan jangan menunda-nunda hingga deadline tiba.
    LPDP bisa dikatakan sangat istimewa, bukan soal tempe, hanya orang-orang yang siap yang dapat tempat. Seleksinya sangat ketat, jadi jangan main-main dengan administrasi. Kirimkan dokumen yang benar-benar tanpa manipulasi. Anda bisa mengecek apa saja syarat yang dibutuhkan untuk lolos persyaratan. Catat dan persiapkan dengan matang. Misalnya saja, mengajukan loA, memenuhi skor TOEFL, membuat rencana studi, mengisi essay, melakukan wawancara.
  1. Pilih Program Studi Yang Menjadi Fokus LPDP
    LPDP adalah lembaga penggalangan dana pemerintah untuk memberikan beasiswa dengan fokus mengembangkan kualitas SDM di bidang teknik, sains, hukum, pertanian, ekonomi, agama dan kedokteran. Ini mungkin sepele, akan tetapi akan membantu Anda membuka peluang diterima karena sevisi dengan fokus pemerintah.
  1. Kontribusi Untuk Bangsa
    Salah satu fokus pemerintah memilih beasiswa dari sekian ribu orang yang mendaftar adalah seseorang itu punya apa. Artinya, kontribusi Anda dalam membangun masyarakat sesuai bidang Anda sangat menjadi nilai plus. Karena toh pada artinya setelah lulus Anda akan dituntut dengan hasil kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  1. Tingkatkan TOEFL atau IELT
    Kemampuan bahasa merupakan salah satu faktor utama yang dipertimbangkan oleh LPDP. Setiap kampus tujuan LPDP memiliki ketentuan skor TOEFL dan IELT yang berbeda-beda. Tingkatkan terus skore TOEFL atau IELT anda dengan berbagai cara. Latihan yang disiplin dan terus-menerus akan sangat membantu skore TOEFL atau IELT anda.
  1. Persiapkan Sertifikasi dan LoA
    Sertifikasi bahasa dan LoA (Letter Of Acceptance) merupakan dokumen optional. Tidak wajib namun peluang diterima akan lebih besar. Sertifikasi bahasa dan LoA menunjukkan bahwa anda lebih siap. Untuk memperoleh sertifikasi bahasa, ikutilah pelatihan bahasa dan tes setelahnya. Lakukanlah komunikasi intens dengan pihak dari kampus tujuan anda melalui email. Bicarakan tentang CV dan rencana study dan syarat memperoleh LoA.Itulah beberap tips yang bisa anda gunakan untuk memperoleh LPDP. Ingat, setiap usaha akan semakin manjur dengan doa. Sebagai manusia yang mempunyai iman berdoa adalah sebuah keharusan. Ketika Andasudah maksimal dalam berusaha akan ada campur tangan Tuhan di dalamnya. Ingat, jika anda gagal bukan berarti anda tidak punya peluang tetapi mungkin belum waktunya.
    Bagaimana sudah siap bertarung dengan ribuan orang? Perhatikan setiap detailnya. Semoga beruntung.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top